Kamis, 19 April 2012

Belajar membuat menu login pada delphi 7 (part 3)

      Apa kabar sahabat blogger semua, lama gag update, kali ini saya akan share tentang pemograman delphi. langsung saja ya, kali ini kita akan belajar cara membuat menu login pada delphi 7, berikut langkah - langkahnya,

1. Buka aplikasi Delphi yang anda gunakan dan buat lembar kerja baru dengan mengklik pada menu file > New > application
2. Setelah muncul lebar kerja baru, letakkan dua buah label pada tab “standard” ke dalam form baru anda. Dan kemudian ubah nama label tersebut sesuai dengan keinginan anda.untuk mengubah nama label tersebut, klik tab “properties” > caption rubah nama label tersebut sesuai keinginan anda.
3. Setelah itu letakkan dua buah form Edit masih pada tab “standard” dimana anda mengambil label tadi,kemudian rubah nama dan caption label sesuai dengan keinginan anda. untuk program yang saya buat, kali ini saya menggunakan standard pabrik,,hehehe, cuma menghapus text yang ada pada propertise.
5. Kemudian masih pada tab yang sama,yaitu pada tab standard tadi, letakkan 2 buah button di bawah Form Edit tadi dengan merubah name dan captionnya. untuk program yang saya buat, saya hanya mengubah captinsnya adja, untuk Button1 menjadi "batal" dan untuk button2 menjadi "login"
6. double klik tombol login dan kemudian masukkan code dibawah ini:

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
if (Edit1.text <> 'wawan') or (Edit2.Text <> 'megatron') then
begin
MessageDlg('ID atau password salah', MTWarning, [MBOK], 0);
Exit;
end;
Form2.Show;
 end;

dan untuk tombol batal, masukkan code berikut:

 procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:='' ;
edit2.Text:=''  ;
end;

7. jalankan program tersebut dengan menekan tombol F9 pada keyboard anda


::note:: untuk baris yang berwarna ungu diatas, silahkan anda rubah sesuai degan nama form,user dan password yang anda inginkan.dan untuk form2.show; berfungsi jika password dan username yang anda inputkan benar,maka tampil Form2. Silahkan anda rubah sesuai dengan nama Form anda.

silahkan download contoh programnya

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll Text - http://www.marqueetextlive.com